Tuesday, November 21, 2023

Dinas Damkar dan Penyelamat bentuk relawan damkar Kab. Empat Lawang

 Empat Lawang UKN

Sosialisasi Pelatihan tanggap bencana dilaksanakan di desa Makarti Jaya dan diikuti oleh 7 desa yaitu desa Makarti Jaya, Mekar Jaya, Pancurmas, Baturaja Lama, Lampar Baru, Seguring dan desa  Kota Gading pada selasa 21/11/2023. Kepala BPBD Empata Lawang Syarial Podri bersama ibu Evi kadis Damkar dan penyelamatan menyampaikan bahwa dinas Damkar sering menerima informasi dari masyarakat yang menginfokan ada kebakaran di sebuah desa. Ketika petugas damkar datang, ternyata tidak ada kebakaran. Untuklah Dinas Damkar dan Penyelamatan membentuk relawan damkar di setiap desa. Dengan adanya relawan damkar yang di SK kan dengan SK Bupati ini, maka informasi yang diterima petugas damkar akan dikonfirmasikan ke relawan damkar yang ada di desa tersebut. Untuk itulah relawan ini di bentuk agar relawan ini dapat memastikan tentang kebenaran informasi tersebut, sehingga  tidak terjadi informasi hoaks lagi demikian yang disampaikan oleh kepala BPBD empat lawang, Syahrial Podri.


Baca juga : Hindari money politic, caleg Partai Demokrat Kab. Empat Lawang menerima Pembekalan Politik Cerdas Berintegritas 

Lebih lanjut Kepala BPBD menghimbau kepada kepala desa supaya dapat melakukan pencegahan bencana berupa jangan membuang sampah ke sungai, merambah hutan lindung, jangan membakar hutan dalam rangka land clearing lahan karena hal itu akan berdampak banjir dan yang menjadi korban bencana banjirnya adalah masyarakat yang berada di hilir sungai.

Baca juga : Akhirnya isu Pj. Kades Rantau Tenang terjawab 

Sementara itu, bu Evi kadis damkar dan Penyelamatan menyampaikan bahwa tugas dinas damkar dan penyelamatan saat  ini bukan hanya mengurusi kebakaran tapi juga penyelamatan jiwa masyarakat seperti ular masuk rumah, pemberantasan sarang lebah di dalam rumah yang mengganggu keselamatn jiwa dan lain-lain. Intinya segala bentuk yang menggangu keselamatan jiwa masyarakat. Itulah tugas kami yang baru. Selanjutnya bu Evi langsung menugaskan petugas damkar yang telah mempunyai kompetensi dalam penggunaan alat pemadam api ringan (Apar) untuk mempraktekan penggunaan Apar kepada peserta sosialisasi. 

Baca juga : Jalankan Perda Satpol PP Empat Lawang tertibkan pasar Pulo Mas 

Camat tebing tinggi, Sapardina Joli yang hadir dalam kegiatan tersebut menghimbau kepada kepala desa dan para relawan kiranya dapat benar benar mempelajari penggunaan APAR supaya bila terjadi kebakaran dapat ditanggulangi secepat mungkin sebab bila tidak, maka bila terjadi kebakaran kita para relawan tidak bisa menggunakannya. (TIM)

Share:

0 komentar:

Featured Post

Pj. Bupati Empat Lawang lantik Yulius Sugiantara jadi Pj. Sekda

Cari di web ini

Tag