Thursday, May 14, 2020

BLT Desa Lubuk Gelanggang cair, penerima sumringah

Empat Lawang UKN
Dimasa covid-19 ini, banyak sekali bantuan pemerintah ke masyarakat untuk mengatasi dampak pandemic tersebut. Sebelum pandemic covid-19 melanda
Indonesia, bantuan pemerintah untuk masyarakat dalam bentuk bantuan PKH dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang dikelola olah kementerian Sosial RI. Namun sejak pandemic covid-19 melanda, bantuan di perluas lagi berupa bantuan untuk masyarakat yang masuk kategori miskin baru (Misbar) yang terkena dampak dan bantuan langsug tunai (BLT) yang bersumber dari dana Desa serta dari kementerian social.

Di kabupaten Empatg Lawang beberapa hari yang lalu, telah direalisasikan oleh dinas social kabupaten Empat Lawang  bantuan untuk masyarakat kategori misbar berupa paket beras 10 Kg, gandum 1 Kg, gula pasir 1 kg dan minyak sayur 1 kg untuk satu kepala keluarga. Hari ini selasa, (13/05/2020) desa Lubuk Gelanggang kecamatan Tebing Tinggi pun merealisasikan Bantuan Tunai Langsung (BLT) yang bersumber dari dana desa Lubuk Gelanggang kepada pada masyarakatnya. BLT berupa uang tunai sebesar Rp. 600.000,- telah diserahkan oleh Darmizi, Kepala Desa Lubuk Gelanggang kepada masyarakat yang berhak menerimanya.

BACA JUGA :

Dalam sambutannya pada acara ceremonial penyerahan bantuan, Darmizi menyampaikan kepada masyarakatnya bahwa bantuan tunai uang Rp 600.000,- akan diberikan secara bertahap selama tiga bulan, yaitu bulan April, Mei dan Juni tahun 2020. Bantuan yang diserahkan hari ini, adalah bantuan tahap satu yang seharusnya diserahkan pada bulan April kemarin, namun mengingat administrasi dan lain-lainnya belum selesai, maka diserahkan hari ini. Untuk tahap kedua bulan Mei, akan diserahkan sekitar menjelang lebaran idul fitri 1441 H nanti, dan tahap ketiga akan diserahkan lagi uang sebesar Rp. 600.000,- sekitar awal juni 2020 yang akan datang.
Kepala desa Lubuk Gelanggang, Darmizi, menghimbau kepada masyarakat Lubuk Gelanggang yang tidak menerima BLT ini jangan merasa iri. Karena masyarakat yang tidak menerima BLT ini sudah ada bantuan yang lain yaitu, PKH, BPNT atau  bantuan Misbar. Dan masing-masing penerima bantuan tidak boleh tumpang tindih atau dengan kata lain tidak ada masyarakat yang menerima lebih dari satu jenis bantuan pemerintah tersebut.
Kepada awak media, Kepala Desa Lubuk Gelanggang mengatakan, di desa Lubuk Gelanggang ada 196 KK dan yang menerima BLT Desa sebanyak 79 KK. “ Desa kami ada 196 KK. Setelah  diseleksi oleh relawan covid-19 desa, ternyata yang memenuhi syarat penerima BLT hanya 79 KK saja. Selebihnya mereka sudah mendapat bantuan yang lain seperti bantuan PKH, BPNT dan Misbar. Ada wacana agar bantuan ini akan diserahkan sekaligus langsung tiga tahap yaitu sebesar Rp. 1.800.000,- tapi, bila hal itu dilakukan, kami khawatir, tujuan BLT ini tidak tercapai, karena bisa saja masyarakat membeli barang lain berupa HP atau yang lainnya. Karena itu, agar BLT ini tepat tujuan yaitu membeli sembako, maka kita serahkan secara bertahap” ujar Kepala Desa kepada awak media di rumahnya seusai penyerahan BLT kepada masyarakat.
Kegiatan penyerahan BLT Desa Lubuk Gelanggang ini dihadiri oleh Babinsa koramil Tebing Tinggi, Babin Kamtibmas dari Polres Tebing Tinggi, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Empat Lawang dan utusan kecamatan Tebing Tinggi serta Tenaga Ahli Dana desa berserta Penamping desa dan pendamping local desa. Kegiatan penyerahan BLT Desa ini berlangsun tertib, aman langsung sesuai rencana serta kendala apapun. (TIM)
Share:

0 komentar:

Featured Post

PENGAMANAN RAPAT MUSYAWARAH TERBUKA BAWASLU EMPAT LAWANG DALAM PENYELESAIAN SENGKETA PILKADA 2024 DI KABUPATEN EMPAT LAWANG BERJALAN AMAN

Cari di web ini

Tag